Perbedaan Jam Tangan Automatic Dan Quartz

wristfiles.com – Tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai jam tangan Automatic dan Quartz. Secara estetika, jam mekanik lebih indah dilihat dibandingkan jam quartz. Alasan pertama karena putaran jarumnya yang tidak bergerak per detik. Alasan kedua, jam tangan bermesin mekanik, menggunakan transparent caseback, sehingga keindahan pergerakan roda-roda yang berkaitan serta keindahan finishing mesinnya akan terlihat bisa dinikmati.

Perbedaan Jam Tangan Automatic Dan Quartz

Jam tangan mekanik biasanya sangat detail finishing mesinnya, bahkan pada merk-merk tertentu mesin jam tangan mekanik di grafir secara handmade, ini tentu saja membuat harga jam menjadi lebih mahal. Pada jam tangan mekanik, kita juga bisa melihat filosofi sebuah brand. Beberapa brand mendesain mesinnya seperti sebuah benda yang mempunyai filosofi.

Perbedaan Jam Tangan Automatic Dan QuartzKekurangan jam mekanik adalah rentan terhadap guncangan atau benturan yang keras. Itu semua karena komponen terhubung secara mekanik. Guncangan bisa mempengaruhi pergerakan komponen tersebut, sehingga akurasi biasanya akan menjadi terpengaruh. Kekurangan selanjutnya adalah tidak praktis kita harus mengisi power jam jika sudah terlalu lama disimpan. Kebalikan dari jam tangan quartz mungkin secara wstetika tidak terlalu bisa dinimati namun lebih praktis dari jam mekanik, karena Anda hanya perlu mengganti baterai setiap kurang lebih 5 tahun bahkan hingga 10 tahun, tergantung dari kapasitas baterai yang diberikan.

Pada solar quartz bahkan Anda tidak usah mengganti baterai. Baterai diganti jika kemampuan penyimpanannya berkurang dan pada baterai solar quartz, hal itu hanya akan terjadi setiap 10-20 tahun sekali. Kinetic quartz juga sama, Anda hanya perlu mengganti kapasitor jika kapasitor tersebut sudah aus. Biasanya kapasitor memiliki umur yang lebih lama daripada baterai, karena semakin sering digunakan, kapasitor pada kinetic quartz akan semakin awet.

Baca juga  Apa Arti Istilah Kaliber pada Jam Tangan? Ketahui Pula Istilah Lainnya

Pada bagian akurasi terdapat jenis deviasi. Jika pada jam mekanik, deviasinya adalah per hari, sedangkan pada jam tangan quartz bisa berbulan-bulan bahkan per tahun. Jam tangan low end pada umumnya memiliki kurang lebih akurasi 15 detik per bulan. Jam mekanik low end memiliki akurasi sekitar kurang lebih 20-40 detik per hari. Artinya jam tangan quartz lebih akurat dibandingkan jam tangan mekanik.

Pada jam tangan atomic atau radio controlled quartz, lebih akurat lagi, karena jam jenis ini akan secara otomatis akan sinkron dengan jam atom dari satelit atau dari frekuensi radio. Jam tangan quartz juga lebih tangguh dari mekanik, karena memakai komponen yang bekerja secara elektronik, bukan secara mekanik, sehingga jika terguncang keras, maka komponen tersebut tetap pada tempatnya dan tidak ada pengaruh pada kinerja komponen tersebut.

Dalam hal perawatan, jam mekanik umumnya harus di servis 3-5 tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga komponen mesin tidak cepat aus dan lubrikasi oil akan merata.Oli di dalam mesin mekanik bisa kering tergantung penyimpanan jam, jika oli kering, roda-roda akan menjadi aus, karena gaya gesek dari mesin.

Jam tangan quartz tidak perlu di servis, hanya perlu mengganti baterai saja setiap 5-10 tahun sekali. Setiap penggantian baterai juga harus di cek kondisi micro chip dan komponen lainnya agar bisa lebih awet.

Perbedaan Jam Tangan Automatic Dan Quartz

Itu dia beberapa poin penting perbedaan jam tangan automatic dan quartz. Semoga setelah membaca artikel yang ada diatas, Anda bisa segera menentukan jenis jam yang menggunakan movement apa yang ingin Anda beli atau gunakan. Terima kasih Anda sudah datang dan membaca artikel yang ada di wristfiles.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *