Hal-hal yang Harus Diperhatikan ketika Memilih Jam Tangan Pria

Jam Tangan Adalah Salah Satu Item Fashion Wajib bagi Pria

Tidak seperti wanita yang disuguhkan aksesori yang seakan tak ada habisnya, pria harus selektif dalam memilih elemen yang bisa memaksimalkan penampilan mereka. Karena jika salah, justru bisa menghilangkan kesan maskulin dari diri. 

Selain mengenakan busana yang sesuai kepribadian, sepatu yang keren, atau outerwear kece, para pria bisa memilih beberapa aksesori untuk membuat tampilan makin stunning. Misalnya, topi, kacamata, dan jam tangan.

Bagi pria, jam tangan tidak hanya benda yang berfungsi menunjukkan waktu. Hal ini terlihat dari pesatnya perkembangan desain serta teknologi jam tangan. Banyak merek yang memproduksi jam dalam model tertentu bahkan terbatas.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan ketika Memilih Jam Tangan Pria

Menggunakan Kaca Antigores

Saat akan membeli jam tangan, sebaiknya perhatikan kualitas dan ketahanan kaca pelindung. Pilihlah jam tangan dengan kaca antigores agar jam tangan bisa tahan lama. Salah satu jenis kaca jam tangan yang banyak dipakai adalah kristal, karena jenis ini memiliki kategori yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kristal mineral misalnya, hadir dengan harga terjangkau serta mudah dibuat tetapi tidak terlalu tahan benturan sehingga tak cocok dibawa untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerak atau kegiatan ekstrem. Lain lagi dengan kristal hardlex yang lebih keras dan tebal daripada jenis mineral, tetapi tidak terlalu tahan gores seperti kristal safir.

Berbeda lagi dengan kristal akrilik atau biasa dikenal juga dengan istilah kaca plexi yang terbuat dari material resin. Kelebihannya adalah mudah dipoles dan kembali mulus jika terkena goresan. Ada pula kristal saflex yang merupakan gabungan dari safir dan hardlex dengan ketahanan mumpuni serta tahan gores.

Baca juga  Bagaimana Tips Merawat Jam Mewah?

Ketahanan terhadap Air

Ketika bekerja atau berkegiatan di luar ruang, terkadang kamu mudah berkeringat atau harus menghadapi perubahan cuaca. Bahkan kadang, pekerjaanmu juga berhubungan atau berurusan dengan air sehingga kamu perlu memilih jam tangan yang memiliki ketahanan apik terhadap air. Banyak jam tangan yang sudah tahan air dengan resistensi tertentu.

Umumnya, ketahanan jam tangan terhadap air ini bisa dilihat dari deskripsi pada kemasan atau pada badan jam tangan. Ada yang tahan cipratan air atau malah tidak boleh terkena air sama sekali.

Merek dari Swiss menjadi Incaran

Kamu mungkin sering melihat jam tangan mewah yang didesain indah sekaligus tampak gagah. Beberapa merek jam tangan yang dikenal akan kualitasnya adalah Rolex, Zenith (Le Locle), TAG Heuer, IWC (Schaffhausen), Omega (Biel/Bienne), Breguent (L’Orient), dan masih banyak lagi. Di antara merek-merek tersebut ada satu kesamaan, yakni sama-sama berasal dari Swiss.

Negara satu ini dikenal memiliki deretan merek jam tangan berkualitas yang ternyata sudah populer sejak sekitar 200 tahun lalu. Bahkan salah satu desainer jam tangan di Swiss sendiri telah ada sejak tahun 1755, loh. Pada tahun 1800-an, jam tangan dari Swiss sudah mampu menembus pasar Eropa dan dikenakan tokoh-tokoh dunia seperti Napoleon Bonaparte. 

Well, tak heran jika merek jam tangan asal Swiss ini jadi salah satu yang paling dicari dan laris di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *