Perbedaan Jam Tangan Buatan Swiss dan Buatan Jepang

Mencari jam tangan berkualitas merupakan harga mati yang harus dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, jam tangan berkualitaslah yang mampu memberikan para penggunanya merasa puas dengan produk yang ia kenakan. Selain kualitas, merek pada jam tersebutlah yang paling dicari oleh orang-orang. Darimanakah merek tersebut? Jepang atau Swiss? Ya, kedua negara tersebut sangat terkenal dengan kualitas jamnya yang super serta harganya pun bersaing. Yuk kita simak perbedaan jam tangan buatan swiss dan buatan jepang.

Apa Saja Perbedaan Jam Tangan Buatan Swiss dan Buatan Jepang

Jam tangan buatan Jepang dan Swiss patut diperhitungkan. Karena jam tangan buatan kedua negara tersebut sudah memiliki pasar hingga ke seluruh dunia. Juga kualitas yang dihasilkan dari jam tangan tersebut tak perlu diragukan lagi, selama Anda membeli produk asli bukan bajakan. Selain kualitas, ternyata ada beberapa perbedaan jam tangan buatan Swiss dan Jepang. Mari kita simak satu per satu.

1. Sejarah

Jam tangan buatan Swiss sudah diproduksi sejak abad ke-15. Lama kelamaan muncullah beberapa produsen jam tangan yang ada di Swiss khususnya kota Jenewa. Seiring berjalannya waktu membuat kualitas jam tangan buatan Swiss tak ada yang mampu menandingi. Jam tangan tersebut menyasar pada kalangan kelas atas, karena harganya yang fantastis.

Sedangkan, jam tangan buatan Jepang dibuat pada abad ke20. Alasan Jepang memproduksi jam tangan atas dasar kesenjangan yang terjadi pada masyarakat kelas menengah ke bawah. Sehingga Jepang mulai memproduksi jam tangan murah dan tetap menjaga kualitas produk.

2. Kualitas dan Mekanisme

Jam tangan Swiss mempunyai standar yang harus dicek melalui Federation of the Swiss Watch Industry. Standar tersebutlah yang harus diikuti oleh semua perusahaan jam tangan dari seluruh Swiss agar benar-benar terjaga kualitasnya. Sedangkan, jam tangan buatan Jepang tidak memiliki organisasi standarisasi jam tangan. Jepang memproduksi jam tangan dengan memperkecil ukuran agar mengurangi penggunaan energi pada pabriknya. Meskipun kualitasnya tidak sama dengan Swiss, jam tangan buatan Jepang selalu mempunyai inovasi.

Perbedaan jam tangan buatan swiss dan buatan jepang yang selanjutnya dilihat dari segi mekanisme dari kedua jam tersebut. Jam tangan Swiss menggunakan mesin ETA movement, sedangkan Jepang menggunakan mesin Miyota movement. Kedua jenis mesin tersebut sangat berperan dalam menentukan harga.

Baca juga  Tentang Jam Tangan Patek Philippe: Produk Jam Tangan Terbaik Dari Patek Philippe

3. Desain dan Fitur

Jam tangan Swiss cenderung memiliki desain yang sama dengan aslinya. Hal ini dilakukan agar pengguna tidak beralih ke jam buatan negara lain. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh jam tangan buatan Swiss yaitu dilengkapi power reserve sebagai cadangan tenaga dan lebih akurat. Sedangkan jam tangan buatan Jepang, cenderung terdapat sedikit perbedaan dari bentuk aslinya. Jam tangan Jepang memiliki mesin kinetik yang meniadakan fitur-fitur tambahan seperti stopwatch, GPS, dan alarm.

4. Biaya dan Harga

Perbedaan jam tangan buatan swiss dan buatan jepang yaitu biaya dan harga. Jam tangan buatan Swiss cenderung lebih mahal, karena keakuratan pada Quartz dari Swiss menjadi kuncinya. Selain itu, jam tangan Swiss memiliki water resistance, dan tahan goncangan. Biasanya jam tangan buatan Swiss ini menyasar pada kalangan atas.

Sedangkan jam tangan buatan Jepang memiliki harga lebih murah, sehingga masyarakat kelas menengah pun dapat mengenakan jam tangan. Dengan harga murah untuk sejuta umat, nyatanya jam tangan Jepang memiliki inovasi lebih dan mengedepankan kualitasn dan fungsi.

Perbedaan jam tangan buatan swiss dan buatan jepang lebih pada fitur dan harga. Jam tangan Swiss lebih memiliki banyak fitur, sedangkan jam tangan Jepang lebih fungsioanlis. Anda dapat mengunjungi situs wrisfiles.com untuk membeli jam tangan impian Anda sekaligus mendapatkan info lebih lanjut seputar jam tangan mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *