Cara Memilih Jam Tangan yang Tepat Sesuai Ukuran Pergelangan

Berbagai pertimbangan saat memilih jam tangan biasanya faktor harga, desain jam, tali pengikat, serta desain jam tersebut. Tahukah Anda dalam memilih jam tangan yang paling sering diabaikan yaitu ukuran jam yang sesuai dengan pergelangan lengan Anda. Karena bila digunakan akan terasa pas, tidak terlalu kecil maupun besar. Untuk memilih jam tangan berikut cara memilih jam tangan yang tepat sesuai ukuran pergelangan yang akan dibahas pada artikel ini.

Beberapa Cara Memilih Jam Tangan yang Tepat Sesuai Ukuran Pergelangan

Selain faktor harga, desain, dan jenis tali pengikat ternyata ukuran jamlah yang sebenarnya tidak boleh diabaikan. Dengan memilih ukuran jam tangan yang tepat, maka akan terlihat presisi di lengan. Untuk itu, mari simak tips berikut ini.

1. Ukuran Lengan

Ukuran lengan tiap orang pastilah berbeda, untuk itu sebelum membeli jam tangan ukuralah lengang Anda dengan menggunakan penggaris dengan satuan inch. Ukuran lengan berkisar 2 inch, gunakan diameter jam 42-44 mm. Ukuran lengan dibawah 2 inch, gunakan diameter dibawah 40 mm. Sedangkan, bila ukuran lengan lebih dari 2 inch, maka gunakan diameter 45 mm. Pastikan Anda telah mengukur pergelangan tangan dengan pas.

2. Panjang Tali Pengikat

Cara memilih jam tangan yang tepat sesuai ukuran pergelangan yang kedua yaitu, memperhatikan panjang tali pengikat. Pada cara ini, Anda dapat menanyakan pada penjual perihal tali pengikat. Selain itu, Anda dapat mencoba jam tersebut agar lebih meyakinkan. Terlebih lagi tali pengikat yang tidak boleh dilupakan, bila Anda menginginkan berbahan metal pastikan ukuran pas dengan lengan Anda. Bila menggunakan bahan metal, pastikan ukuran lengan pas dengan panjang tali pengikat. Pasalnya bahan metal sangat sulit untuk dipanjangkan atau dipendekan.

Baca juga  Review Jam Tangan Seiko

3. Ketebalan Jam

Lebar jam akan menyesuaikan dengan ketebalannya. Untuk memudahkan Anda sebelum mencari jam tangan, bila diameter berkisar 42-44 mm, tebal jam akan berkisar pada 7 mm. Diameter kurang dari 42 mm, tebal jam dibawah 7 mm kemungkinan 5-6 mm. Sedangkan, diameter lebih dari 44 mm, tebal jam akan berkisar 8-9 mm. Agar lebih jelas, Anda dapat menanyakan pada penjual jam tangan. Yang jelas ketebalan jam tersebut dapat memberikan gambaran agar dipakai tidak terlalu berat atau ringan.

4. Lebar tali pengikat

Lebar tali pengikat ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Dapat disesuaikan dengan selera Anda. Akan tetapi, lihatlah ukuran lug yang berfungsi untuk menaruh tali jam tangan. Cara memilih jam tangan yang tepat sesuai ukuran pergelangan hanya dapat dilakukan saat Anda hendak membeli jam tangan di toko secara langsung. Dengan begitu Anda dapat melihat lebih teliti tali jam tangan.

5. Bahan Tali Pengikat

Bahan tali pengikat dapat disesuaikan dengan selera Anda. Beberapa material tali pengikat yang ada dipasaran seperti metal, kulit, karet, dan bahkan keramik. Maka dari itu, pemilihan tali pengikat yang tepat agar tidak menyimbulkan masalah seperti tidak nyaman bila dipakai berjam-jam ataupun muncul iritasi karena material tali pengikat tidak cocok pada kulit Anda. sangat disarankan untuk memilih bahan tali pengikat dengan lebih teliti.

Demikian ulasan singkat tentang Cara memilih jam tangan yang tepat sesuai ukuran pergelangan. Dengan menyimak tips di atas, maka Anda dapat memilih jam tanga yang tepat sesuai dengan ukuran pergelangan tangan. Jika Anda sudah yakin untuk membeli jam tangan, kunjungilah wristfiles.com yang menyediakan jam tangan mewah baru maupun second dengan berbagai pilihan dan juga harga yang sesuai dengan kantong Anda. Serta terdapat spesfikasi pada tiap produk jam tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *