Cara Membersihkan Jam Tangan

Cara membersihkan jam tangan tentunya tidak dilakukan dengan sembarangan. Dewasa ini, penggunaan jam tangan sebagai perhiasan untuk menunjang penampilan baik pria maupun wanita. Namun, melakukan perawatan atau membersihkan luput dari perhatian pengguna jam tangan. Membersihkan jam tangan perlu dilakukan karena merupakan bagian dari perwatan jam tangan.

Tujuannya agar tetap terlihat bersih saat digunakan dan memperpanjang masa pakai jam tangan. Khususnya pada bagian tali pengikat. Perawatan secara rutin tersebut untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya berjamur, berkarat, warna memudar, dan kulit mengelupas. Maka dari itu Anda perlu tahu bagaimana cara merawat dan membersihkan jam tangan.

Beberapa langkah Cara Membersihkan Jam Tangan

Dengan memiliki jam tangan, konsekuensi pemilik yaitu harus mau membersihkan jam tangan secara rutin. Membersihkan jam tangan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh si empunya jam tersebut. Agar nantinya tetap nyaman digunakan dan memperpanjang usia pakai. Untuk itu, beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan jam tangan dengan memperhatikan jenis material pada jam tersebut.

1. Rendam dengan Air Panas

Cara ini dapat dilakukan untuk jam tangan berbahan stainless steel, kulit, dan karet. Cara membersihkan jam tangan ini cukup direndam dalam air panas, kemudian berikan sedikit sabun cuci piring. Rendamlah selama kurang lebih 30 menit, setelah itu goyang-goyangkan jam tersebut agar kotoran terangkat. Terakhir bilas dengan air bersih dan keringkan. Catatan, untuk jam stainless steel apabila tidak memiliki water resistance maka tutup body jam dengan menggunakan plastik.

2. Minyak Kayu Putih

Cara berikutnya Anda dapat menggunakan minyak kayu putih. Hanya material karet saja yang dapat dibersihkan dengan menggunakan minyak kayu putih. Akan tetapi, tidak semua karet dapat menggunakannya. Untuk itu sebelum menggunakannya, teteskan sedikit minyak kayu putih dan tunggu beberapa saat untuk melihat apakah warna memudar atau tidak. Jika tidak memudar, Anda dapat melanjutkan langkah tersebut dengan mengaplikasikan pada seluruh tali jam. Sedangkan, jika memudar berarti tali jam tersebut tidak cocok dibersihkan dengan minyak kayu putih.

Baca juga  Bagaimana Tips Merawat Jam Mewah?

3. Menyikat Tali Jam

Menyikat tali jam hanya dapat dilakukan pada tali berbahan kain atau kanvas. Bahan tersebut sangat mudah terkena debu dan kotoran. Serta dapat menyerap keringat dengan baik. Cara membersihkan jam tangan berbahan kain cukup menggunakan sikat gigi dan sabun cuci piring. Sikat perlahan pada kedua tali jam, kemudian bilas hingga bersih. Cara mengerikannya dapat menggunakan lap kain atau hairdryer.

4. Tissue Basah

Bila Anda tak mau repot-repot merendam jam tangan, Anda dapat menggunakan tissue basah bebas alkohol. Caranya, cukup mengelap pada tali jam hingga bersih. Khusus tali jam stainless steel, bersihkan setiap lekukan hingga benar-benar bersih. Akan tetapi, pada jam berbahan kain atau kanvas hasil tidak begitu maksimal. Karena bahan kain mudah dimasuki oleh debu dan kotoran, sehingga pembersihannya harus menggunakan sikat.

5. Membersihkan Body Jam

Membersihkan body jam sebenarnya sangat mudah, hanya perlu menggunakan sabun cuci piring dan dibilas dengan air mengalir saja. Hanya saja, cara tersebut hanya dapat dilakukan apabila body jam tersebut memiliki water resistance. Jika tidak, cukup menggunakan cara pada nomor empat yaitu menggunakan tissue basah yang dilap secara perlahan-lahan.

Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana cara membersihkan jam tangan. Dengan melakukan perawatan rutin, maka tali jam tangan tersebut akan bertahan lama. Selain itu, bila Anda ingin membeli jam tangan, segera hubungi wristfiles.com yang juga menawarkan jasa reparasi dengan cara melakukan pendaftaran online dan mengirimkan paket jam tangan. Untuk info lengkapnya silahkan kunjungi wristfiles.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *