Apa Arti Istilah Kaliber pada Jam Tangan? Ketahui Pula Istilah Lainnya

Jika Anda sedang berkutat di dunia jam tangan, tentunya Anda kerap mendengan istilah kaliber. Awalnya, istilah kaliber muncul pada teknik pembuatan senjata api. Istilah caliber pada senjata api bermakna penempatan fungsi rotasi berdasarkan diameter peluru. Istilah caliber sendiri berasal dari bahasa Pransis, yakni calibre. Kata ini merupakan sserapan dari bahasa Arab, yakni galib yang berarti cetakan untuk peluru meriam.

Lantas, seiring berjalannya waktu, istilah kaliber juga digunakan pada jam tangan. Apa arti istilah caliber pada jam tangan? Selain istilah kaliber, masih banyak istilah lainnya mengenai jam tangan. Mari simak penjelasan di bawah ini untuk memahaminya.

Apa Arti Istilah Kaliber pada Jam Tangan

Kali ini akan membahas apa arti istilah kaliber pada jam tangan. Selain itu juga akan dibahas beberapa istilah lain yang berkaitan dengan jam tangan. Berikut penjelasan mengenai istilah pada jam tangan, termasuk apa arti istilah kaliber pada jam tangan.

1. Kaliber

Anda masih masih asing dan bertanya-tanya apa arti istilah caliber pada jam tangan? Istilah ini digunakan untuk cara yang digunakan oleh produsen jam tangan untuk movement yang digunakan pada jam produksi mereka. Terkadang jenis movement sama namun menggunakan identifikasi caliber yang berbeda. Langkah tersebut merupakan salah satu cara mempermudah produsen dalam mendata komponen.

2. Eubache

Istilah ini merupakan sebutan bagi raw material dari sebuah jam mekanik yang masih utuh atau belum didekorasi. Eubache terdiri dari bagian utama dari sebuah jam mekanik, misalnya roda gigi, plate dan bridge. Eubache kerap dipasok untuk produsen jam besar. Produsen jam ternama kerap mengambil Eubache dengan tujuan untuk menekan biaya produksi. Hal ini disebabkan jika melakukan riset sedari awal maka biaya yang dibutuhkan sangat besar serta persiapannya membutuhkan waktu lama.

Baca juga  Perbedaan Jam Tangan Automatic Dan Quartz

Setelah Eubache dibeli dari penyedia, maka tahap selanjutnya adalah melakukan finishing ulang terhadap eubacher tersebut. Finishing yang dimaksud bisa berupa penambahan fungsi atau perubahan minor untuk meningkatkan kualitas sebuah jam. Tentunya proses ini sangat penting dilakukan untuk menjamin kualitas demi menjaga kepercayaan konsumen.

3. Movement

Ada yang lebih praktis dibandingkan eubache, yakni movement. Dengan adanya movement, produsen jam tangan hanya perlu memasang saja. Perubahan yang dilakukan hanya untuk membuat cetakan merek, melapisi dengan lapisan khusus seperti emas dan memberi warna berbeda. Namun, info asli dari produsen utama masih dapat dilihat dengan jelas. Salah satu merek jam tangan terkenal yang mengambil movement dari produsen utama adalah Tag Heuer.

Movement pun ada 3 macam, yakni quartz movement, mechanical movement dan automatic movement. Quartz movement bekerja dengan dukungan dari baterai yang berfungsi untuk mengantar sinyal elektrik. Kelebihan jenis ini adalah daya tahan tinggi, harga lebih miring serta awet. Selain itu, akurasi dan realibitasnya juga tinggi sehingga kerap digunakan secara reguler.

Mechanical movement tak menggunakan baterai, namun menggunakan per yang bergerak dan menghasilkan energi. Jam dengan tipe ini juga lebih tahan lama dan memiliki nilai estetika yang jarang ditemukan di jam tipe lain. Sedangkan automatic movement juga tidak menggunakan baterai dan memanfaatkan energy kinetic yang muncul dari gerakan alami pergelangan tangan. Bodi jam tipe ini biasanya lebih tipis sehingga nyaman dipakai.

Itulah tadi penjelasan mengenai istilah pada jam tangan. Anda tak bingung mengenai apa arti istilah caliber pada jam tangan lagi kan? Nah, jika Anda ingin membeli atau membutuhkan informasi seputar jam tangan berkualitas, segera hubungi wristfiles.com untuk mendapatkan solusinya. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *