10 Desain Jam Tangan Ikon Swiss

Swiss adalah tempat kelahiran legendaris Haute horologerie. Para pembuat jam tangan terbesar di dunia mendirikan bisnis mereka di lingkungan yang menakjubkan di perbukitan Swiss dan memiliki kisah merancang jam tangan yang menakjubkan dan otentik, serta rumit, indah, dan mahal.

IWC Portugis

Pada tahun 1930-an, dua pengusaha Portugis mengetuk pintu perusahaan arloji IWC Swiss. Mereka memiliki permintaan: untuk membuat jam tangan yang seakurat untuk membandingkan dengan kronometer laut.

Mulai dari bangunan-bangunan ini, di IWC presisi mekanisme rumit yang disembunyikan dalam kasir, daripada desainnya, diprioritaskan secara alami; dan orang Portugis, model arloji yang lahir dari tantangan yang ditetapkan oleh para pengusaha itu, memiliki sejarah panjang tentang kemajuan mutakhir dalam pembuatan jam tangan.

Jaeger-LeCoultre Reverso

Terkadang ide yang paling sederhana adalah yang terbaik. Salah satu ide semacam itu terletak pada inti sejarah Reverso, sebuah arloji yang pertama kali diproduksi pada 1931 oleh Jaeger-LeCoultre. Arloji ini memiliki kasing yang dapat dengan mudah digeser ke samping dan diputar, sehingga sebenarnya menyembunyikan layar.

Bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa ada orang yang perlu melakukan ini, ceritanya terjadi selama pertandingan polo, pengusaha Swiss dan pengamat arloji C├ęsar de Trey ditantang oleh salah satu lawannya untuk membuat arloji yang begitu tahan sehingga bola polo tidak dapat memecahkannya. – jadi Reverso (bahasa Latin untuk ‘Saya kembali’) lahir.

Patek Philippe Calatrava

Jika ada arloji yang lebih dari yang lain membuat pernyataan bahwa lebih sedikit dalam sejarah pembuatan arloji, yaitu Patek Philippe Calatrava. Indah dan sangat halus, jam tangan Calatrava pertama kali diperkenalkan pada tahun 1932 dan sangat terinspirasi oleh sekolah desain Bauhaus yang populer yang menempatkan fungsionalitas sebelum estetika (sebuah teori yang secara efektif diringkas dalam mantra ‘bentuk mengikuti fungsi’).

Baca juga  5 Alasan Kenapa Jam Tangan Swiss Mahal, Penasaran?

Rolex Datejust

Datejust adalah model jam tangan paling klasik yang pernah dibuat oleh Rolex horologerie top. Diperkenalkan pada tahun 1945, Datejust, kronometer mekanis yang berliku, milik keluarga model Rolex Oyster Perpetual, garis pertama arloji tahan air, dan mengambil namanya dari fitur inovatif lainnya yang dipakainya: ini adalah jam tangan pertama untuk menampilkan tanggal saat ini di jendela kecil yang terletak di dalam dial.

Omega Speedmaster Professional

Pada tahun 1965, NASA menguji dua belas jam tangan yang berbeda untuk mengukur ketahanannya terhadap beberapa kondisi tekanan seperti suhu ekstrem, kelembaban, korosi, getaran, kebisingan, dan faktor-faktor lainnya.

Mereka mencari arloji yang sempurna untuk para astronot yang berpartisipasi di Gemini, salah satu program luar angkasa berawak awal NASA. Ketika jam tangan Rolex, Longines dan TAG Heuer gagal, Omega Speedmaster Professional, model yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957,sukses

TAG Heuer Monaco

Sebelum 1969, pecinta arloji belum pernah melihat arloji kronograf otomatis dengan kasing persegi. Kemudian Jack Heuer, ketua ahli horologi TAG Heuer Swiss, datang dan merancang arloji Monaco yang ikonik.

Saat pertama kali dipasarkan, Monako – namanya adalah penghargaan untuk Grand Prix Monako, balapan Formula Satu paling bergengsi – tersedia dalam dua model berbeda: keduanya memiliki nomor dan tangan kristal berkubah putih dan kubah, tetapi yang satu memiliki logam dial biru, dan yang lainnya – yang abu-abu metalik.

Audemars Piguet

Debut Royal OakRoyal Oak pada tahun 1972 menandai sebuah revolusi di pasar arloji: untuk pertama kalinya, arloji mewah telah dirancang dengan menggunakan stainless steel daripada emas. Tapi ini bukan satu-satunya yang membuat Royal Oak karya Audemars Piguet menjadi klasik. Arloji ini dapat dikenali secara instan untuk bezel segi delapannya, disekrup pada kasing dengan delapan sekrup segi enam yang terlihat jelas yang mewakili fitur khas lain dari Royal Oaks.

Baca juga  5 Jam Tangan Mewah Yang Luar Biasa Dari Ferrari hingga Cartier

Historiques Ultra-Fine Vacheron Constantin

Bisakah arloji menjadi lebih sederhana daripada Patatra Philippe Calatrava yang disebutkan di atas? Ya, itu bisa, dan sudah ada di pasaran sejak tahun 1955. Ini adalah Historiques Ultra-Fine dari Vacheron Constantin, yang benar-benar memukau dari horolog Haute.

Seperti Calatravas, jam tangan Historiques Ultra-Fine sangat sederhana: model yang paling terkenal ditandai dengan set putaran besar yang diatur dalam wadah emas, dan gelang kulit gelap.

Rolex Submariner

Jika Omega Speedmaster Professional adalah arloji pertama yang mendarat di bulan, Rolex Submariner menjadikan sejarah sebagai arloji pertama yang tahan air hingga 100 meter, menempatkan dirinya sebagai arloji yang tepat untuk penyelam.

Rolex Submariner menampilkan desain yang kokoh namun elegan, dengan kasing bundar yang besar, timing bezel, dan jarum jam Mercedes, yang disebut demikian karena di ujungnya terdapat bintang berujung tiga yang menyerupai logo ikon Mercedes-Benz, meskipun tidak ada. koneksi ada dengan perusahaan mobil.

Swatches

Para pengamat arloji mungkin merasa menghina arloji Swatch untuk disebutkan bersamaan dengan kemewahan, arloji ikonik sejauh ini, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa Swatch mengubah sejarah pembuatan arloji Swiss dengan keras.

Dilahirkan sebagai respons terhadap invasi jam tangan plastik murah dari Asia yang menghantam pasar pada akhir tahun 1970-an, nama Swatch adalah kependekan dari ‘jam tangan kedua’: setelah arloji yang disempurnakan, simbol status, arloji tertagih yang disusun sebagai harta karun yang layak untuk dilewatkan ke generasi mendatang, sebuah jam tangan baru – sebuah jam tangan kedua – datang yang masih keluar dari Swiss tetapi terjangkau, penuh warna, dan semua tentang kesenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *